Lima manfaat menabung sejak dini perlu dilakukan


Dari sejak dini kalian semua pasti sudah diingatkan bukan untuk gemar menabung. Membeli celengan bahkan sejak sekolah dasar wajib punya buku tabungan. Dengan menabung orang tua/guru mengharapkan anak/siswa menjadi seorang yang disiplin dalam mengatur keuangan. Menabung juga diharapkan oleh orang tua agar anaknya menjadi pribadi yang sederhana serta tidak boros.

Lalu tahukah kalian manfaat menabung sejak dini


1.      Menabung membuat hidup terasa nyaman

Menabung adalah kegiatan yang wajib dilakukan seseorang yang ingin mempunyai dana simpanan di kemudian hari. Dana simpanan ini bisa berfungsi untuk mengantisipasi keperluan darurat. Seperti kecelakaan yang tidak dapat diketahui kapan terjadinya. Ketika kalian memang sudah punya tabungan yang bersifat tiba-tiba menyangkut keuangan, kalian tak perlu dirisaukan.

2.      Mencegah berhutang

Dalam kehidupan tak ada yang berjalan dengan lancar. Pasti ada saja hal yang tiba-tiba termasuk dalam keuangan. Kebanyakan orang yang mengalami hal tersebut pasti akan berhutang, untuk mengantisipasi dalam hal itu menabung adalah salah satu caranya. Dengan memiliki dana simpanan akan mencegah kalian dari berhutang. Tentunya tidak ada yang mau dong berhutang, apalagi dalam skala besar. Yang akan membuat hidup jadi tak tenang.

3.      Salah satu jenis investasi jangka panjang

Menabung jaman sekarang itu banyak jenisnya. Jika kalian khawatir menabung dalam bentuk uang akan terkena inflasi ada tabungan lain seperti menabung dalam bentuk emas, bahkan saham pun kini sudah ada.

4.      Mandiri dalam mengatur uang

Belanja adalah seseuatu kebutuhan seseorang. Entah itu berbelanja barang yang memang butuh ataupun membelanjakan untuk barang yang sekedar ingin. Jika ada benda yang menurut kalian bagus pasti ingin bukan untuk membelinya. Kadang barang bagus ini hanya muncul sesekali, dan sayangnya disaat yang bersamaan kalian tidak punya uang. Salah satu solusinya adalah menabung. Kalian tidak harus lagi minta kepada orang tua untuk membeli barang yang kalian inginkan. Tapi ingat kalian harus mengatur pengeluaran secara teliti.

5.      Melatih hidup sederhana

Yang pasti dalam menabung kalian diharuskan untuk menyisihkan uang kalian, dengan tidak berfoya-foya. Hal ini pula mempengaruhi gaya hidup kalian. selalu ingat bahwa gaya hidup yang tidak sesuai dengan kantong bukanlah gaya hidup yang baik.

Jika hal-hal diatas dibiasakan sejak kecil atau mulai dari sekarang kemungkinan besar kalian mengalami kesulitan itu kecil. Jadi mulailah atau ajarkanlah kepada anak kalian untuk menabung sejak dini.

Sekian mengenai lima manfaat menabung sejak dini perlu dilakukan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.


0 komentar:

Post a Comment