Cerita dibalik promosi gila-gilaan 11 November





            Memasuki bulan november beberapa platform online mempromosikan diskon gila-gilaan. Mulai dari nonton via app, belanja online hingga tiket online. Dengan simbol 11.11 yang merupakan perpaduan yang pas antara tanggal dan bulan. Namun tahukah kalian mengapa banyak sekali diskon pada tangga 11.11? dan apa sejarah yang terkandung didalamnya?

Mari simak tulisan saya berikut.



            Jika 14 Februari adalah hari kasih sayang, perayaan buat mereka yang sudah punya pasangan. Maka tak adil jika rasanya yang jomblo tidak punya hari spesial kan ahaha, 11 November adalah hari bagi kalian yang belum punya pasangan untuk merayakan kejombloannya. Tanggal 11 November diperingati sebagai singles day atau hari jomblo. Itu dilambangkan dari angka 11.11 dimana angka satu sebagai representasi orang yang sendiri. Momen ini berasal dari masyarakat Tiongkok, menurut the telegraph perayaan itu bermula pada tahun 1990-an, berasal dari para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing. Alih-alih merasakan kesendirian dengan status jomblonya mereka malah menggantinya dengan kegembiraan. Melakukan minum-minuman, makan, karaoke, hingga berbelanja barang yang sebenarnya tidak terlalu mereka inginkan. Intinya adalah pada hari itu mereka ingin melakukan hal yang menyenangkan untuk menghibur diri.



            Momen itu dimanfaatkan betul oleh perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Alibaba membuat parade diskon belanja online penuh selama singles day pada 11 November 2009. Promo potongan harga itu nampaknya berhasil. Menurut The Telegraph ada transaksi senilai 50 juta Yuan yang terjadi selama promo singles day berlangsung. Kegiatan belanja online pada singles day menjadi candu tiap tahun bagi masyarakatnya. Buktinya saja pada tahun 2012 menurut sejumlah media internasional Amerika ada sekitar 3 miliar dolar amerika dalam penjualan Alibaba. Pada tahun selanjutnya e-commerce yang dipimpin oleh Jack ma itu meraup 5,7 miliar dolar amerika hanya dalam satu hari. Dan pada tahun 2014 mereka berhasil mencapai 9,3 miliar dolar amerika. Dikutip dari BBC, raupan angka-angka diatas bahkan lebih tinggi daripada yang dihasilkan dari transaksi jual beli pada saat periode thanksgiving dan black Friday.

            Karena kesuksean itu kini banyak sekali e-commerce di dunia melakukan promo pada tanggal 11 november, tak ketinggalan juga di Indonesia. Banyak sekali platform online shop di Indonesia menawarkan promosi tersebut. Tak bisa dipungkiri juga dengan ditambahnya kemajuan teknologi merubah gaya hidup seseorang, salah satunya adalah cara berbelanja. Dan siapa juga yang tidak ingin berbelanja dengan harga super miring ya kan?



            Itulah dia mengapa pada 11 November banyak sekali toko online menawarkan diskon yang gila-gilaan. Jadi buat kalian yang berbelanja online pada saat tertentu inilah saat yang tepat. Namun usahakanlah berbelanja tak melebihi uang yang dimiliki dan memang berbelanja barang yang benar-benar dibutuhkan.

2 komentar: