Agar generasi milenial pandai atur finansial


       Tiap orang pasti akan dewasa, semakin besar usia seseorang akan semakin besar pula tanggung jawab yang akan dipikul. Akan ada saatnya bukan hanya tanggungan sendiri saja yang harus dipenuhi namun juga tanggungan orang yang dicinta. Kalian pasti akan berada pada fase sendiri (bukan berarti jomblo), fase dimana semua kebutuhan dan keinginan kalian harus dipenuhi dengan usaha sendiri. Memang hal tersebut bukanlah hal yang mudah namun mau tidak mau kalian pasti akan menjalaninya bukan?
Menjadi sesorang yang pandai secara finansial bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mencapai apa yang orang ekonomi bilang financial freedom atau dalam bahasa Indonesia kebebasan finansial. Namun hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin. Karena kesuksesan suatu hal bergantung bagaimana usaha kalian untuk mencapainya.
Beruntunglah kalian yang masih muda, karena kalian punya hal terpenting dalam kehidupan. Yup waktu, waktu adalah investasi terbesar yang dimiliki oleh seseorang. Lalu bagaimana caranya agar kaum milenial pandai atur finansial?
   1. Menghindari ketergantungan kepada orang tua
       Seperti yang dijelaskan diatas, bukan berarti kalian mau lepas begitu saja dari orang tua namun usahakanlah tidak selalu bergantung kepada mereka cobalah buat target realistis kalian berapa uang dari orang tua perbulannya dan berapa uang yang sanggup kalian punya. Manfaatkanlah jaman sekarang yang serba teknologi. Namun jika memang hal tersebut sulit, ketika kalian lulus sekolah ataupun kuliah dan sudah mendapatkan penghasilan sendiri. Kalian buatlah sebuah target pribadi kapan kalian akan mulai lepas dari ketergantungan orang tua. Bahkan harusnya kalian bisa membantu untuk menambah penghasilan orang tua.
   2. Mencari tambahan penghasilan lain
     Terkadang suatu hal dalam hidup itu datang secara tidak terduga bukan? Bukan bermaksud jelek pada masa depan namun ini untuk berjaga-jaga saja, jika penghasilan kalian hanya terdapat pada satu pos saja, lalu seketika pos tersebut hilang kalian tentunya akan kesulitan, panik dan sebagainya. Ini bisa diantisipasi dengan kalian punya alternatif lain dalam mendapatkan penghasilan hal tersebut tentu tak jadi masalah. Jika kalian pekerja kantoran atau buruh yang punya sedikir waktu luang kalian bisa investasikan uang kalian, atau mencoba jualan online shop yang tidak memakan waktu banyak.
   3. Simpan uang kalian untuk jangka panjang
       Masih nyambung dari nomer dua. Saat ini banyak sekali produk-produk keuangan dari bank dan lembaga keuangan yang bisa kalian gunakan. Seperti tabungan, deposito, obligasi, reksadana, saham dan lain-lainya.produk-produk tersebut tentu ada keuntungan dan risikonya. Carilah informasi mengenai produk keuangan tersebut. Lihat keuntungan serta resiko yang harus dihadapi serta cocok dengan pribadi kalian.
     Mencapai kebebasan secara finansial bukanlah hal yang instan. Ada tahapan yang harus dilalui. Namun jika dari sekarang kalian bisa pandai dalam mengatur finansial maka hal tersebut bukan menjadi hal yang sulit

1 komentar: